Thursday, April 16, 2009

Ngirit Air

Semalem, lagi kepikir, apa yang yang mau diposting. Akhirnya ketemu ide. Bukan hal baru, dan selalu kujalankan dan kugembar-gemborkan ke seluruh penghuni rumah, agar IRIT dalam PENGGUNAAN AIR.
Kalau di perkotaan, air kan beli. makanya, sambil membantu program efisiensi nasional (emangnya ada???...) makanya di rumah juga perlu efisien dalam setiap mengkonsumsi air. Yang biasa aku praktekkan adalah :
  1. Air sisa bilasan cucian, masih bisa dimanfaatkan untuk, membersihkan kamar mandi atau WC. Bisa juga untuk menyediakan stok air siram WC (kalau pake WC siram), bisa juga untuk mencuci keset, atau lap-lap meja dsb. Asal jangan dipake buat siram tanaman, takut masih mengandung sabun, tanemannya bisa keok.
  2. Air cucuran wudhu. Nah ini relatif bersih dan InsyaAllah barokah. Saat kita wudhu, kan air mengalir terus. Tempatkan ember yang bisa digeser, maksudnya untuk menampung air yang keluar. Gak terasa lho, kita mengeluarkan air cukup banyak disini. Ember digeser kalau wudhunya sudah sampai membasuh kaki. Jadi air yang tertampung di ember relatif bersih. Nah, ini bisa kita gunakan untuk mencuci, merendam cucian, atau untuk menyiram tanaman dsb. Lumayan kan??
  3. Ini sering ditampilkan juga di banyak tips, air bekas cucian beras, ikan atau daging, bisa untuk menyiram bunga atau tanaman buah.
Memang kelihatannya agak ribet, sih. pake angkat-angkat air segala. tapi hasilnya boleh dihitung deh, berapa penghematan yang bisa didapat. Selamat berhemat!!

1 comment:

  1. Salam kenal Bunda AISYIDO,
    Silahkan bergabung kalo tertarik dgn Masak bareng. Untuk bulan Mei masih menunggu hasil polling. Lengkapnya baca-baca aja di rumah Masak Bareng ya.... :)

    ReplyDelete