Monday, August 3, 2009

Liburan Irit

Ini bukan tips. Hanya berbagi pengalaman. Tidak bermaksud ngirit (bukan berarti mau boros), tapi jadinya ya Alhamdulillah ngirit, artinya pengeluaran jadi jauh dibawah anggaran.
Ceritanya kami mau liburan. Sesuai dengan keinginan anak-anak, maunya ke Jakarta. Tujuan utama ya Seaworld, wong anakku sangat suka ikan. Karena sudah berjanji, sa sudah. Perencanaan dilakukan. Gak tanggung-tanggung, kira-kira 8 bulan sebelumya. Cara adalah :
  1. Beli tiket pesawat Nopember 2008 untuk perjalanan Juli 2009. Harganya bisa bikin iri Rp. 90.000 per orang Surabaya Jakarta dengan Air Asia. Itupun sebenarnya masih bisa diirit karena bagasi tak klik juga akhirnya kena charge masing-masing sekitar 15 ribu. mestinya kan gak perlu semua. ya sudahlah. tetep lumayan irit.
  2. Pilih tanggal yang tidak liburan, tapi beberapa hari setelah duerr liburan. Ini njagani harga-harga jadi melonjak, tidak crowded, tapi anak-anak tidak sedang ulangan. Cukup ijin dikitlah.
  3. Rencanakan rincian tiap tanggal dan mau kemana tujuannya. Cari teman yang rumahnya dekat dengan tujuan. Alhamdulillah kemarin temanku (Masruroh yang lemu dan baik hati, thanks yo fren) rumahnya di Cibubur. Jadilah kami nginap di Cibubur, supaya dekat dengan Taman-Mini. Apalagi Masruroh lagi free gak ngajar, liburan kita ditambahi bonus ke Puncak. Sholat di masjid At-Taawun trus balik lagi ke Jakarta.
  4. Waktu di Ancol, kami menginap di Hotel yang tak pesan dari Surabaya. Sayangnya, karena terlalu dekat pesennya, kami kehabisan tempat di Mercure Ancol, padahal sudah tak gadang-gadang. Dua bulan sebelum hari H aku sudah tanya, katanya belum bisa menentukan rate, karena masih kejauhan, tapi dua minggu sebelum hari H, eh sudah habis. Seharusnya satu bulan sebelum kali-ya.
  5. Pesen hotel lewat travel, biasanya lebih ngirit.

No comments:

Post a Comment